Topic outline

  • Cambridge IGCSE™ Bahasa Indonesia 0538 (untuk ujian mulai tahun 2022)

    Administrasi Pelaksanaan Tes Berbicara (Component 3 Speaking)

  • Selamat datang di panduan kami untuk administrasi tes berbicara Cambridge IGCSE Bahasa Indonesia di pusat Anda

    Video ini bertujuan untuk memberi panduan  dalam pelaksanaan tes Berbicara:

    • pencatatan serta pengiriman nilai-nilai dan kinerja kandidat

    • moderasi eksternal
    • moderasi internal
    • bagaimana menggunakan kisi-kisi kriteria penilaian tes Berbicara




    • show/hide  Transkrip video
      Video ini bertujuan untuk memberikan Anda panduan dalam pelaksanaan tes Berbicara. Informasi ini dapat ditemukan di silabus dan mencakup:

      • Pencatatan serta pengiriman nilai-nilai dan kinerja kandidat

      • Moderasi internal

      • Moderasi eksternal

      • Bagaimana menggunakan kisi-kisi kriteria penilaian tes Berbicara

      Tes berbicara diselenggarakan sebelum pelaksanaan seri ujian utama dan Anda dapat menemukan jadwalnya pada laman publik kami, www.cambridgeinternational.org.

      Seorang guru/penguji di centre menilai kandidat-kandidat dengan menggunakan kisi-kisi kriteria penilaian Berbicara yang terdapat di silabus.

      Setelah pelaksanaan tes-tes tersebut, centre harus mengirimkan semua nilai akhir, sampel rekaman performa kandidat, dan form untuk moderasi eksternal yang sudah dilengkapi, ke Cambridge Internasinal sebelum batas waktu yang telah diumumkan.

      Informasi lebih lanjut tentang administrasi pelaksanaan tes berbicara terdapat di Cambridge Handbook sesuai dengan tahun yang relevan.

      Pencatatan serta pengiriman nilai dan kinerja kandidat Anda harus mencatat nilai-nilai kandidat untuk tes Berbicara pada Oral Examination Summary Form yang harus Anda unduh setiap tahun dari samples database di www.cambridgeinternational.org/samples. 

      Setiap rekaman kandidat harus disimpan sebagai file yang terpisah-pisah.

      Anda memilih sampel, berdasarkan pada kriteria berikut:

      · 1–16 entries: semua kandidat

      · 17 entries atau lebih: 10 kandidat pertama sesuai dengan urutan nomor kandidat, ditambah 6 (enam) kandidat lainnya yang tersebar merata di seluruh rentang nilai.

      Sampel yang dipilih harus termasuk satu kandidat dengan nilai tertinggi dan satu kandidat dengan nilai terendah.

      Anda juga harus memasukkan kandidat mana saja dengan nilai 0 (nol) di dalam sampel. Semua kinerja yang berkontribusi pada nilai akhir kandidat harus dimasukkan.

      Jika ada lebih dari saru guru/penguji yang menilai kinerja kandidat, Anda harus memasukkan sejumlah contoh penilaian dari masing-masing guru/penguji. Semua nilai harus dimoderasi secara internal sebelum dikirimkan ke Cambridge International.

      Kirim sampel ke Cambridge International sesuai dengan batas waktu yang ditentukan di database. Ada kemungkinan kami meminta sampel tambahan. Anda harus menyimpan copy dari semua pekerjaan yang dikrimkan seandainya terjadi kehilangan atau kerusakan dalam perjalanan.

      Silakan mengacu pada samples database untuk informasi, tanggal, dan cara pengiriman nilai-nilai dan kinerja kandidat.

      Moderasi Internal

      Jika ada lebih dari satu guru/penguji yang menilai tes Berbicara, Anda harus membuat pengaturan untuk memoderasi penilaian guru/penguji di centre Anda agar semua kandidat dinilai berdasarkan standar yang sama. Anda dapat menemukan informasi lebih lanjut mengenai proses moderasi internal di samples database.

      Moderasi Eksternal

      Cambridge International akan memoderasi secara eksternal semua komponen yang sudah dinilai secara internal.

      Moderator eksternal akan memberikan laporan singkat untuk setiap centre disertai masukan tentang bagaimana penilaian Anda dan administrasi pelaksanaan penilaiannya.

      Kisi-kisi Kriteria Penilaian Berbicara

      Sekarang kita akan melihat bagaimana menggunakan kisi-kisi kriteria penilaian berbicara.

      Kisi-kisi kriteria penilaian Berbicara untuk Bagian 1 dan Bagian 2 dari tes Berbicara dapat ditemukan dalam silabus.

      Guru/penguji harus mendengarkan kinerja kandidat dan menentukan pernyataan level mana yang paling sesuai untuk setiap kriteria penilaian.

      Penilaian kinerja kandidat harus positif, jika memungkinkan, lebih pada penghargaan atas apa yang dapat dicapai oleh kandidat.

      Untuk memastikan bahwa Anda memberi penghargaan atas apa yang dapat dilakukan seorang kandidat daripada memberi penalti atas kesalahan atau kegagalan kandidat tersebut, guru/penguji harus mulai bekerja dari bagian bawah kisi-kisi kriteria penilaian berbicara kemudian ke bagian atas dengan memerhatikan deskriptor-deskriptornya.

      Anda harus memilih deskriptor yang paling mendeskripsikan kualitas dari kinerja kandidat yang sedang dinilai.

      Selagi Anda bekerja dengan kisi-kisi tersebut dari bagian bawah ke atas, Anda akhirnya akan menemukan deskriptor yang sesuai dengan performa kandidat. Ketika Anda sampai di tahap ini, periksa deskriptor yang terdapat pada level atas untuk mengkonfirmasi apakah ada cukup bukti untuk memberikan nilai di level yang lebih tinggi.

      Untuk memilih nilai yang paling sesuai dalam setiap deskriptor, Anda harus menggunakan panduan berikut:

      • Jika sebagian besar deskriptor sesuai dengan kinerja kandidat, berikan nilai tertinggi dalam band.

      • Jika hanya ada cukup bukti (dan kemungkinan Anda sedang mempertimbangkan level yang di bawah), berikan nilai terendah di level tersebut.